Inilah Cara Bijak Rasulullah Hadapi Virus Seperti Corona Yang Bisa Kita Ikuti

Inilah Cara Bijak Rasulullah Hadapi Virus Seperti Corona Yang Bisa Kita Ikuti - COVID-19 adalah salah satu penyakit mematikan yang membuat geger sedunia. Karena bisa menyebabkan kematian dan membuat kita menjadi dilema. Virus yang berasal dari Wuhan ini virus yang mematikan walaupun ada obatnya tetapi,membuat orang ketakutan. Di dalam Islam sendiri rasulullah pernah menghadapi virus seperti corona ini pada masanya dengan cara ini.


Dikutip dari gomuslim.co.id Rasulullah memiliki semacam prosedur tetap (prostap) atau Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk menghadapi wabah penyakit, seperti virus Corona.

Salah satunya, beliau memerintahkan kepada umat agar tidak dekat-dekat atau melihat orang yang mengalami wabah kusta. Seperti sabdanya dalam sebuah hadits yang artinya, “Jangan kamu terus menerus melihat orang yang menghidap penyakit kusta,” (HR. Bukhari)

Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Tapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu.” (HR Bukhari)

Selain SOP, Nabi Muhammad juga menganjurkan agar menghadapi situasi tersebut dengan sabar sambil meminta pertolongan Allah SWT. Untuk melengkapi ikhtiar, umat Muslim pun dianjurkan untuk memanjatkan doa sebagai berikut:

“Allahumma inni a’udhu bika minal-barasi, wal- jununi, wal-judhami, wa min sayyi’il-asqami.”

Artinya: 'Ya Allah, aku mencari perlindungan kepada-Mu dari kusta, kegilaan, kaki gajah, dan penyakit jahat'. (HR Abu Daud).

Semoga saja kita tetap sehat selalu dalam menghadapi virus corona yang mematikan ini. Semoga bermanfaat dan menjadi bahan referensi. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga saja bisa terbantu jangan lupa untuk share artikel ini.

0 Comments

Post a Comment